Home > Uncategorized > beberapa penyebab aki mobil tidak awet

beberapa penyebab aki mobil tidak awet

seringkali orang mengeluh dan mengatakan bahwa aki mobil nya tidak awet atau cepet banget soak.sebenrnya masalah itu kemungkinan terjadi karena memang dari battery nya atau maintenance yg harus dilakukan tetapi tidak di lakukan.nah menurut saya ada bebrapa yang bikin faktor aki tidak awet..ayo kita lihat faktor-faktor tersebut.

 

  • level air aki

hal yang utama apabila kita memakai aki yang low maintenance atau kebanyakan orang bilang aki basah yaitu level air nya harus pas dengan tanda yang sudah ada.sel aki basah harus selalu tergenang cairan elektrolit atau air aki.karena sel-sel tersebut membutuh kan air aki untuk merotasi arus listrik yang dihasilkan oleh alternator.nah apa bila airnya kurang listrik di dalam aki tidak bisa tersalurkan dengan baik,dan juga plate timah yang berada di dalam aki akan menimbulkan panas yang berlebih dengan begitu plat timah akan terpisah atau patah karena panas yang berlebih.air aki juga berguna untuk meredam panas timah agar tidak cepat patah karena panas,karena timah sangat rentan patah apa bila terkena panas.dan juga dalam penambahan air aki tidak boleh melebihi kapasitas yang ditentukan karena akan menyebakan uap yang berlebih sehingga menyebabkan corrosive pada kepala aki atau besi disekitar aki anda,karena tipe aki basah pada sumbat baterai nya masih terdapat lubang kecil untuk keluar uap dari dalam container aki tersebut

 

 

  • kelistrikan yang berlebih

penambahan audio yang berlebihan atau pemasangan lampu diluar batas ketentuan yang ditentukan oleh si pabrikan mobil juga akan mempengaruhi umur aki.mengapa?karena pemakaian beban yang berlebih akan membuat aki tersebut menjadi tekor,karena setrum yang seharusnya dibutuhkan tidak sesuai dengan setrum yang harus nya dikeluarkan..otomatis aki pun akan bersusah payah menyuplai listrik lebih ke bagian yg membutuhkan listrik yg tinggi.nah apa bila kita menggunakan mobil yang basic aki nya kecil cth 35Ah kita bisa mengupgrade ke 45Ah.tetapi dengan spek yg dianjurkan dan pengecekan sistem pengisian yang dibutuhkan harus sesuai dengan aki yang kita pasang.dan juga kita harus melihat space mesin mobil kita,apakah memungkinkan untuk digunkan aki besar?.pada dasarnya aki mobil standar yang dipasang di mobil anda sudah cukup mampu bertahan lama karena para insinyur sudah mengitung dengan akurat bagaimana nanti nya aki mobil itu bertahan,nah kalau sudah dipasang  tambahan seperti itu mungkin para insinyur sudah tidak bisa menjanjikan ketahanannya.jadi standar-standar aja lah…..

  

 

 

  • sistem pengisian / alternator

sistem pengisian atau alternator juga sangat berpengaruh terhadap umur aki.karena apabila pengisian alernator ke aki kurang setrum yang masuk kedalam aki pun akan berkurang sehingga listrik yang akan disuplai ke bagaian elktrik lain berkurang.sebenarnya aki tersebut hanya kurang strum atau kurang charge.apa bila anda mengalami hal seperti ini anda bisa me recharge aki anda supaya kondisi aki menjadi normal kembali.tetapi alternator pun harus segera di servis ato diganti supaya sistem pengisian bisa kembali sempurna.lain hal nya apbila alternator anda overcharge ato pengisian berlebih.aki mobil anda bisa rusak karena listrik yang masuk ke aki melebihi kapasitas standar 14.00 v.otomatis aki akan menjadi panas dan memungkinkan sel-sel aki tersebut akan rusak karena pemasukan listrik yang berlebih.

 

 

  • ruang mesin

ruang mesin yang terlalu panas juga akan menyebabkan umur aki jadi tidak awet.karena panas yang berlebih disekitar aki,mebuat sel-sel aki menjadi rentan rusak dan tidak awet.semakin dingin posisi tempat aki mobil anda bisa kemungkinan akan menjadi lebih awet umur aki mobil anda

 

  • kepala aki

kepala aki juga punya pengaruh terhadap aki.apabila kepala aki kotor atau banyak korosif putih di kepalanya akan mempengaruhi masuk nya listrik dari alternator.karena terhambat oleh kotoran-kotoran tersebut.untuk membersihkan nya bisa menggunakan air panas

 

  • sistem suspensi

tanpa disadari sistem suspensi juga berpengaruh pada keawetan aki.pada saat panas dan kondisi air aki yang kurang,timah akan rentan patah karena panas.apabila sistem suspensi kita kurang baik,pada saat terjadi benturan timah di aki mungkin akan terguncang dan menyebabkan patah nya timah tersebut.maka dari itu kita juga harus cek sistem suspensi kita apakah maih baik atau tidak.dan juga tetap cek kondisi air aki apakah kurang atau tidak.

 

bebrapa hal diatas mungkin juga faktor yang menyebabkan aki menjadi tidak awet,tetapi mungkin juga factory fault pada aki anda membuat jadi tidak awet,karena dari 1000 pcs aki buatan pabrikan mungkin ada beberapa yang rusak terselip tidak masuk quality control……

 

semoga infonya bermanfaat…..leave comment please

Advertisements
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: